Edit Foto di Prisma Versi iOS Tak Butuh Internet

Mengedit foto dengan aplikasi Prisma, baik di Android maupun iOS, selama ini membutuhkan koneksi internet. Hal tersebut kerap memperlambat proses pengeditan karena bergantung kepada stabilitas jaringan.

Ke depan, pengguna iOS tak perlu lagi merasakan ketidaknyamanan itu. Mereka bisa memodifikasi foto menjadi karya seni bercita rasa tinggi di Prisma dalam keadaan offline.

Hal ini dimungkinkan jaringan saraf tiruan alias neural networks, sebagaimana dilaporkan VentureBeat dan dihimpun KompasTekno, Rabu (24/8/2016).

Jarigan tersebut diambil dari sekelompok pemrosesan kecil yang dimodelkan berdasarkan jaringan saraf manusia. Sistemnya adaptif sehingga dapat cepat mengubah suatu struktur.

Baca: Mengapa Edit Foto di Prisma Lama dan Over Capacity?

Neural networks itu juga menjadi dasar implementasi kecerdasan buatan alias artificial intelligence. Prisma mengindikasikan neural networks bakal menjadi basis aplikasi-aplikasi masa depan.

“Teknologi itu juga bekerja sangat baik untuk audio, tapi sekarang kami fokus pada apa yang kami lakukan dari awal (visual),” kata co-founder dan CEO Prisma, Alexey Moiseenkov.

Sejak diluncurkan pada 11 Juni lalu, Prisma telah diunduh sebanyak 50 juta kali. Versi pembaruan Prisma di iOS ini digadang-gadang sebagai langkah awal merealisasikan filter-filter Prisma di video dan realitas virtual.

Belum diumbar kapan kemampuan pengeditan tanpa internet ini bisa dinikmati pengguna Android. Yang jelas, Prisma mengatakan pembubuhan satu filter di Prisma iOS kini cuma memakan waktu sekitar tiga detik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s